Salsation adalah gabungan dari kata salsa, dalam  bahasa Spanyol artinya saus pedas, dan sensation yang berarti sensasi. Dalam hal ini, salsa bisa diartikan bumbu campuran antara ritme musik, budaya dan gerakan, sedangkan sensasi dalam hal ini adalah perasaan yang kuat terhadap musikalitas lagu dan ekspresi lirik, sehingga bisa merasakan efek yang baik dari latihan salsation terhadap kebugaran tubuh.

“Salsation itu lebih ke feel the music, gerakannya harus dijiwai dengan tenang. Setiap gerakan yang diiringi dengan musik, memiliki sensasinya masing-masing. Jadi kita dianjurkan untuk mengetahui makna lirik lagu, sehingga setiap gerakan yang kita lakukan mengerti dan menjiwai makna dari lirik lagunya. Kalau musiknya pelan, ya gerakan kita juga pelan, dan sebaliknya,” Jelas Ria Candra, Instruktur Salsation saat ditemui di S Fitness.

Selain untuk membakar kalori, salsation juga berfungsi untuk menjadikan badan lebih lentur dan melatih fokus, karena dituntut untuk menjiwai lagu disetiap gerakannya. “Setiap senam fitness apapun itu, kalau kalori kita ingin banyak yang terbakar, ya gerakannya pun harus maksimal, jangan asal gerak. Apalagi ini salsation, kita harus enjoy menjiwai musiknya dan mengekspresikan diri melalui gerakan, sehingga kita bisa happy,” ujar Ria.

Pada dasarnya, semua jenis olahraga itu sama baiknya, tergantung dari masing-masing individu yang melakukan. Apakah disetiap sesi latihan, gerakannya maksimal atau tidak? Sehingga proses pembakaran kalorinya pun setiap individu akan berbeda-beda. (DE)

Jadi, kelas apa yg jadi favorit kamu Girls?